Contoh Rancangan Diklat Prajab CPNS Gol III ANEKA


LEMBAR PERSETUJUAN
RANCANGAN AKTUALISASI NILAI DASAR PROFESI PNS

NAMA                           : Iqbal Mawarda, S.Pd
NIP                                 : 19900112 201504 1 003
PANGKAT/GOL           : Penata Muda / III a
JABATAN                     : Guru Bahasa Inggris Pertama
INSTANSI                     : SMP NEGERI 3 TRUMON TIMUR

Telah diseminarkan pada hari Kamis, 17 November 2016 di hadapan Coach dan Penguji di Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan Sumatera Utara.

  Coach                                                               Peserta Diklat


  Ir. Syahrizal Hasibuan                                                   Iqbal Mawarda, S.Pd
         Pembina  IV/a                                                     Penata Muda /IIIa
NIP 19640722198408 1 001                               NIP 19900112201504 1 003


Mengetahui :
KEPALA LEMBAGA PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN
SUMATERA UTARA


Afrizal Sihotang, S.T., M.Si
Penata Tk I (III/d)
NIP. 19741211 200212 1 001


KATA PENGANTAR


            Syukur Alhamdulillah penulis panjatkan kepada Allah SWT atas rahmat dan karuniaNya sehingga penulis dapat menyusun rancangan aktualisasi nilai-nilai dasar profesi Pegawai Negeri Sipil di SMP Negeri 3 Trumon Timur Kabupaten Aceh Selatan. Shalawat dan Salam kepada Nabi Besar Muhammad SAW.
            Adapun rancangan aktualisasi ini disusun sebagai syarat untuk menyelesaikan pendidikan dan pelatihan prajabatan PNS golongan III di Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan Provinsi (LPMP) Sumatera Utara. Dalam penyusunan rancangan aktualisasi ini penulis banyak dibantu oleh berbagai pihak. Untuk itu, penulis ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada: Bapak Ir. Syahrizal Hasibuan selaku Pembimbing penulis yang telah bersedia meluangkan waktu dalam membimbing penulis, seluruh Widyaiswara yang telah memberikan ilmu yang sangat bermanfaat tentang nilai-nilai dasar profesi Pegawai Negeri Sipil, seluruh panitia LPMP Sumatera Utara yang telah menyelenggarakan Diklat Prajabatan ini, kedua orangtua, dan keluarga penulis yang telah memberikan dukungan, semangat dan doa kepada penulis, dan semua teman-teman peserta Diklat Prajabatan CPNS Golongan III (Angkatan 48, 49, 50, 51 dan 52) Tahun 2016 terima kasih atas kerjasama dan bantuannya selama pelaksanaan Diklat Prajabatan ini.
Penulis menyadari masih banyak kekurangan baik dari segi isi maupun penulisannya. Untuk itu dengan kerendahan hati, kritik dan saran yang bersifat membangun sangat penulis harapkan sebagai masukan untuk kesempurnaan di masa yang akan datang. Semoga laporan aktulisasi ini bermanfaat bagi kita semua.        

                                                        Medan, 17 November 2016


                                                        Iqbal Mawarda, S.Pd.
                                                          NIP. 199001122015041003


DAFTAR ISI
                                                                                                                           Halaman

LEMBAR PERSETUJUAN............................................................................ i
KATA PENGANTAR..................................................................................... ii
DFTAR ISI...................................................................................................... iii
BAB I PENDAHULUAN............................................................................... 1
A.       Latar Belakang ...................................................................................  1
B.       Tujuan .................................................................................................  2
C.       Manfaat............................................................................................... 2
D.       Ruang Lingkup.................................................................................... 2

BAB II DESKRIPSI ORGANISASI ............................................................  3
A.       Profil SMP Negeri 3 Trumon Timur.................................................... 3
B.       Visi dan Misi SMP Negeri 3 Trumon Timur ......................................  4
Visi Sekolah ......................................................................................  4
Misi Sekolah ......................................................................................  4
C.       Struktur Organisasi.............................................................................. 6
D.       Nilai Dasar Organisasi......................................................................... 7
E.        Tujuan SMP Negeri 3 Trumon Timur.................................................. 7
F.        Uraian Tugas....................................................................................... 8
1.      Tugas Pokok dan Fungsi Guru.................................................... 8
2.      Melaksanakan Tugas Tambahan.................................................. 9
3.      Tugas Pokok dan Fungsi Wali Kelas........................................... 10


BAB III RANCANGAN AKTUALISASI ...................................................  12
A.    Identifikasi Nilai-Nilai Dasar............................................................... 12
1.             Akuntabilitas............................................................................. 12
2.             Nasionalisme............................................................................. 12
3.             Etika Publik.............................................................................. 13
4.             Komitmen Mutu....................................................................... 13
5.             Anti Korupsi............................................................................. 14
B.     Rancangan Aktualisasi......................................................................... 14

BAB IV PENUTUP ........................................................................................  29

DAFTAR PUSTAKA...................................................................................... 30

BAB I

PENDAHULUAN



Dalam UU ASN No. 5 Tahun 2014 dijelaskan bahwa Aparatur Sipil Negara (ASN) adalah profesi bagi Pegawai Negeri Sipil dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja yang bekerja pada instansi pemerintah. PNS adalah sebagian dari ASN yang memiliki peranan penting untuk menentukan kebijakan pemerintah. Untuk memainkan peranan itu diperlukan sosok PNS yang mampu memenuhi standar kompetensi jabatannya sehingga mampu melaksanakan tupoksinya secara efektif dan efisien. Maka untuk membentuk sosok PNS yang profesional maka dilaksanakan pembinaan melalui jalur Pendidikan dan Pelatihan (DIKLAT)
Berdasarkan peraturan kepala LAN-RI Nomor 38 Tahun 2014 tentang penyelenggaraan Diklat Prajabatan pola baru, peserta diklat diharapkan mampu menginternalisasikan nilai-nilai dasar profesi PNS dengan cara mengalami sendiri dalam penerapan dan aktualisasi pada tempat tugas, sehingga pesert diklat dapat merasakan manfaatnya secara langsung. Nilai dasar tersebut merupakan seperangkat prinsip yangmenjadi landasan dalam menjalankan profesi. Nilai-nilai dasar tersebut diantaranya adalah Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu, dan Anti Korupsi atau sering disebut ANEKA.
Setiap ASN yang mengikuti Diklat Prajabatan Pola baru diwajibkan mengaktualisasikan nilai-nilai dasar ASN sebagai tolak ukur peserta untuk diangkat menjadi PNS. Oleh karena itu, peserta diklat prajabatan  menyusun rancangan aktualisasi yang berisi nilai-nilai dasar ASN yang selanjutnya akan diaktualisasikan pada SKPD masing-masing yang juga dilengkapi dengan analisis dampak jika penerapan nilai dasar tersebut tidak diterapkan.
Oleh karena itu melalui diklat prajaban pola baru ini saya pribadi selaku CPNS golongan III di lingkungan pemerintah kabupaten Aceh Selatan ingin bisa berkontribusi untuk dapat menerapkan nilai-nilai ANEKA pada pemerintahan kabupaten Aceh Selatan khususnya pada instansi tempat saya bekerja.


Penyusunan rancangan aktualisasi nilai dasar profesi ASN bertujuan  sebagai acuan pelaksanaan setiap kegiatan aktualisasi nilai-nilai dasar profesi PNS di tempat tugas masing-masing.hal ini diharap mampu membentuk ASN yang profesional dan berkarakter sehingga mampu melaksanakan tugas dan perannya secara profesional, tanggap, cepat, akurat, serta dapat mengaktualisasikan nilai-nilai dasar ANEKA.


Adapun manfaat yang didapat dari aktualisasi nilai-nilai dasar ASN ini adalah:
1.      belajar mengemban tanggung jawab serta dapat merubah sifat di dalam diri untuk menjadi lebih profesional dan berintegritas tinggi
2.      sasaran kerja dalam organisasi tercapai serta mendapat kepercayaan dari masyarakat untuk mengembangkan pengetahuan
3.      kepercayaan masyarakat semakin tinggi terhadap kinerja birokrasi.


Aktualisasi nilai-nilai dasar profesi ASN ini dilakukan di SMPN 3 Trumon Timur yang beralamat di Jalan Tapak Tuan - Medan, desa Kapa Seusak, Kecamatan Trumon Timur dengan masa aktualisasi selama 10 hari kerja terhitung mulai tanggal 18 November sampai dengan 29 November 2016.



BAB II

DESKRIPSI ORGANISASI



SMP Negeri 3 Trumon Timur adalah sebuah sekolah satu Atap yang didirikan oleh masyarakat Desa Kapa Seusak pada tahun 2007. Tanah sekolah dengan luas 1 hektar dibeli oleh masyarakat desa Kapa Seusak yang peduli akan pendidikan. Beberapa  tokoh masyarakat penggagas berdirinya sekolah ini . Tahun –tahun awal berdirinya sekolah ini, memiliki siswa sebanyak 50 orang yang hanya dari masyarakat kapa seusak, karena sekolah ini  terletak diperbatasan antara Kota Subulusalam dengan Aceh Selatan . Setelah satu tahun berdiri, atas perjuangan dari tokoh masyarakat dan masyarakat Desa Kapa Seusak sendiri sekolah ini akhirnya dinegrikan pada bulan April 2007 dengan bangunan    1 unit ( 4 ruang).Masyarakat kapa seusak sangat berterima kasih pada Pemerintah dengan ada nya sekolah tersebut anak-anak mereka dapat mengecap pendidikan tingkat menengah karena selama ini hanya anak yang mampu bersekolah,lantaran jarak dengan sekolah di Kecamatan sejauh 15 km dengan daerah yang berbukitan,sedangkan transportasi khusus tidak ada. 
            Kepala sekolah  yang pertama Bapak Tamiadi,S.Pd.yang melaksanakan tugas selama 3 Tahun,kemudian diganti dengan Bapak Hamdi Razak,S.Pd,dan sekarang kepala sekolah Ibu Yasniwati,S.Pd.
Dalam sejarah perjalanannya SMP Negeri 3 Trumon Timur ini dari segi mutu pendidikan dan prestasinya  mengalami pasang surut, sesuai dengan kepemimpinan kepala sekolah yang menjabat. Alhamdulillah berkat kerja keras dari kepala sekolah sekarang  dan seluruh warga sekolah serta partisifasi dari masyarakat, tahun terakhir ini sudah banyak kemajuan, baik dari segi kedisiplinan, prestasi akademik dan non akademik sudah mulai diraih oleh peserta didik dan dewan guru.
Saat ini SMP Negeri 3 Trumon Timur memiliki jumlah keseluruhan pegawai baik honor dan PNS adalah sebanyak 14 orang, yang terdiri dari 6 orang guru, 3 orang pegawai tata usaha, dan 5 orang tenaga pengajar honorer. Serta jumlah keseluruhan siswa 114 orang.


Visi Sekolah

Terwujudnyawarga sekolah, terdidik, beriman dan taqwa serta cinta lingkungan.

 Misi sekolah

a.       Mewujudkan lulusan yang cerdas kompetetif cinta tanah air, beriman dan bertaqwa.
b.      Mewujudkan pembelajaran dan bimbingan secara efektif, sehingga setiap siswa dapat berkembang secara optimal sesuai dengan prestasi yang dimiliki.
c.       Mewujudkan budaya kreatif, inovatif dan bertanggung jawab.
d.      Mewujudkan KTSP di Sekolah
e.       Mewujudkan dan menumbuhkembangkan potensi yang dimiliki siswa dalam bidang akademik dan non akademik.
f.       Mewujudkan kualifikasi akademik, kinerja dan profesionalisme guru berserta karyawan.
g.      Mewujudkan standar sarana dan prasarana pendidikan yang relevan
h.      Mewujudkan / mengembangkan sumberdaya manusia ( SDM ) yang ada di sekolah
i.        Mewujudkan standar pengelolaan pendidikan yang berkualitas dan bermutu
j.        Mewujudkan penggalangan biaya pendidikan yang memadai
k.      Mewujudkan budaya yang berkarakter, bermutu, serta berakhlaktuqarimah di sekolah
l.        Mewujudkan manusia beriman dan bertaqwa untuk pegangan hidup.
m.    Mewujudkan / menciptakan komunikasi dan kerja sama orang tua, masyarakat sekitar, komite dengan sekolah.
n.      Mewujudkan / mengintegrasikan materi ajaran agama dengan TIK berlandaskan iman dan taqwa dalam kehidupan sehari – hari.
o.      Mewujudkan pola hidup bersih, indah, sehat dengan penjabaran pola 7 K



Nilai-nilai dasar SMP Negeri 3 Trumon Timur adalah:
1.      komitmen dan konsisten terhadap visi, misi, misi dan tujuan organisasi.
2.      wewenang dan tanggung jawab yang jelas, tegas, dan seimbang.
3.      pelaksanaan pembelajaran yang efektif dan efisien.
4.      bertanggung jawab terhadap saarana dan prasarana sekolah.
5.      transparan terhadap seluruh lapisan masyarakat.
6.      wewenang dan tanggung jawab.
7.      disiplin dan keteraturan kerja di dalam melaksanakan tugas.
8.      integritas dan profesionalisme yang konsisten dalam kata dan perbuatan serta ahli dalam bidangnya.
9.      rasa cinta tanah air dengan sikap dan perbuatan nyata.
10.  ketekunan dan keseragaman yang didasarkan kepada tanggung jawab terhadap tugas yang diamanahkan.
11.  dedikasi dan loyalis dalam menjalankan tugas sesuai dengan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

E.     Tujuan SMP Negeri 3 Trumon Timur

1.      Terwujudnya suasana pergaulan sehari-hari yang berlandaskan keimanan dan ketaqwaaan
13.  Mempunyai hubungan yang serasi;selaras dan seimbang dengan masyarakat


Jenis tugas guru sebagaimana yang tercantum dalam Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 Pasal 52 tentang guru dapat dikategorikan sebagai kegiatan tatap muka atau bukan tatap muka. Guru memiliki beban kerja paling sedikit 24 (dua puluh empat) jam tatap muka dan sebanyak-banyaknya 40 (empat puluh) jam tatap muka per minggu. Uraian jenis kerja guru tersebut adalah sebagai berikut.
No.
Jenis Kerja Guru
Tatap Muka
Bukan Tatap Muka
1.
Merencanakan pembelajaran

˅
2.
Melaksanakan pembelajaran
˅

3.
Menilai hasil pembelajaran
˅
˅
4.
Membimbing dan melatih peserta didik
˅
˅
5.
Melaksanakan tugas tambahan

˅

1.        Tugas Pokok dan Fungsi Guru


Sebagai seorang guru sudah selayaknya mengetahui tugas pokok dan fungsinya. Dengan menyadari tugas pokoknya maka setiap pekrjaannya akan dikerjakan secara profesional. Hal ini akan membuat proses pembelajaran berjalan dengan efektif serta efisien. Adapun tugas pokok dan fungsi guru adalah sebagai berikut.
1.      Membuat program pengajaran (silabus, RPP, Prota, Prosem)
2.      Menganalisa materi pembelajaran
3.      Membuat lembar kerja siswa (LKS)
4.      Membuat program harian/jurnal belajar
5.      Melaksanakan kegiatan pembelajaran
6.      Melaksanakan kegiatan penilaian baik ulangan harian, tengah semester, atau akhir semester
7.      Melaksanakan analisis ulangan, program remedial, pengayaan
8.      Mengisi daftar nilai siswa, mengisi rapor
9.      Melakssanakan bimbingan kelas/konseling
10.  Melaksanakan kegiatan bimbingan guru/tutor sebaya apabila telah mengikuti pelatihan
11.  Membuat alat bantu mengajar/alat peraga
12.  Mengikuti kegiatan pengembangan dan pemasyarakatan kurikulum
13.  Melaksanakan tugas tertentu di sekolah (PKS, wali kelas, dll)
14.  Membuat catatatan tentang kemajuan peserta didik
15.  Meneliti daftar hadir siswa sebelum proses pembelajaran berlangsung
16.  Mengatur kebersihan ruang kelas dan sekitarnya
17.  Mengumpulkan angka kredit dan menghitungnya untuk kenaikan pangkat
18.  Menumbuhkembangkan sikap menghargai seni
19.  Mengikuti kegiatan kurikulum
20.  Mengadakan penelitian tindakan kelas

2.              Melaksanakan Tugas Tambahan


Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 Pasal 24 ayat (7) tentang guru menyatakan bahwa guru dapat diberi tugas tambahan sebagai kepala satuan pendidikan, wakil kepala satuan pendidikan, ketua program keahlian satuan pendidikan, pengawas satuan pendidikan, kepala perpustakaan, kepala laboratorium, bengkel, atau unit produksi. Selanjutnya, sesuai dengan isi Pasal 52 ayat (1) huruf e, guru dapat diberi tugas tambahan yang melekat pada tugas pokok misalnya menjadi pembina pramuka, pembimbing kegiatan karya ilmiah remaja, dan guru piket.

3.              Tugas Pokok dan Fungsi Wali Kelas


Wali kelas membantu Kepala Sekolah dalam kegiatan sebagai berikut :
1.      Pengelolaan kelas
2.      Menyelenggarakan administrasi kelas meliputi :
2.1  Denah tempat duduk
2.2   Papan absen
2.3  Daftar pelajaran
2.4   Daftar piket kelas
2.5   Buku absen siswa
2.6   Buku kegiatan pembelajaran/jurnal
2.7  Tata tertib
3.      Menyusun pembuatan statistik bulanan (absen)
4.      Membuat catatan khusus
5.      Mengisi dan membagi rapor
6.      Membina siswa perwaliannya dengan sebaik-baiknya
7.      Membantu kelancaran proses belajar mengajar siswa di kelasnya
8.      Mengetahui identitas, nama dan jumlah siswa di kelasnya
9.      Mengetahui, memahami dan mengambil tindakan-tindakan yang berkaitan dengan masalah-masalah yang timbul di kelasnya
10.  Melakukan home visit terhadap siswa yang bermasalah dan melaporkan perkembangannya kepada guru BP
11.  Bekerja sama dengan guru BP dalam memecahkan masalah yang dihadapi siswa dan apabila dipandang perlu mengadakan hubungan dengan orangtua/wali murid dalam rangka pembinaan siswa di kelasnya
12.  Melaksanakan tugas peilaian kognitif, psikomotor dan afektif siswa terutama terhadap budi pekerti, kelakuan dan kerajinan siswa di kelasnya
13.  Turut bertanggung jawab dalam kelancaran pelaksanaan Upacara Bendera
14.  Koordinasi dengan Waka Bidang Kesiswaan, Tata Usaha Urusan kesiswaan, BP, untuk siswa pindahan/mutasi karena sesutu dan lain hal (ketidakhadiran), prestasi rendah dan lain-lain

BAB III

RANCANGAN AKTUALISASI



Nilai dasar merupakan sepengkat prinsip yang menjadi landasan dalam menjalankan profesi. Nilai-nilai dasar ASN sering disebut dengan ANEKA. Kelima nilai dasar itu adalah Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu, dan Anti Korupsi.
Untuk mencapai terciptanya aparatur negara yang profesional, bebas dari intervensi politik, bersih dari praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme, serta mampu menyelenggarakan pelayanaan publik bagi masyarakat dan mampu menjalankan peran sebagai unsur perekat persatuan dan kesatuan bangsa berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945, maka perlu adanya penerapan nilai-nilai dasar profesi ASN. Nilai-nilai dasar tersebut dijabarkan sebagai berikut.
1.      Akuntabilitas
Akuntabilitas yaitu kewajiban setiap individu, kelompok, atau instansi untuk memenuhi tanggung jawab yang menjadi amanahnya. Nilai-nilai yang mencerminkan akuntabilitas yaitu: Kepemimpinan, transparasi, integritas, tanggung jawab (Responsibilitas), keadilan, kepercayaan, keseimbangan, kejelasan, konsistensi dan professional.

2.      Nasionalisme
Nasionalisme adalah membahas bagaimana pembentukan karakter melalui penanaman nilai-nilai Pancasila dalam menumbuhkan nasionalisme Aparatur Sipil Negara (ASN) sehingga pembuat dan pelaksanaan kebijakan publik, pelayanan publik, dan sebagai perekat persatuan dan kesatuan bangsa. Nilai-nilai yang mencerminkan nasionalisme yaitu pantang menyerah, cinta tanah air, rela berkorban, toleransi, cinta damai, peduli, gotong royong, responsive, bahasa Indonesia, saling menghargai dan saling menghormati.

3.      Etika publik
Etika publik merupakan refleksi tentang standar atau norma yang menentukan baik/buruk, benar/salah suatu perilaku, tindakan dan keputusan untuk mengarahkan kebijakan publik dalam rangka menjalankan tanggung jawab pelayanan publik. Nilai-nilai Etika Publik antara lain:  menjalankan tugas secara profesional dan tidak berpihak, membuat keputusan berdasarkan prinsip keahlian, menciptakan lingkungan kerja yang non diskriminatif, memelihara dan menjunjung tinggi standar etika luhur, mempertanggung jawabkan tindakan dan kinerjanya kepada publik, memiliki kemampuan melaksanakan kebijakan dan program, memberikan layanan secara jujur, tanggap, cepat, tepat, akurat, berdaya guna, berhasil guna, dan santun, mengutamakan kepemimpinan berkualitas tinggi, menghargai komunikasi, konsultasi, dan kerjasama, mengutamakan pencapaian hasil dan kinerja, kesetaraan dalam pekerjaan dan meningkatkan efektivitas.

4.      Komitmen mutu
Komitmen mutu dalam kaitannya dengan penyelenggaraan Negara bertujuan menjadikan pemerintahan yang baik dan bersih. Indikator komitmen mutu dalam pelaksaan tugas ASN dicirikan pada pekerjaan yang berasaskan efiseinsi, efektivitas dan selalu berinovasi demi menjawab tantangan yang senantiasa berubah. Nilai nilai yang mencerminkan Komitmen mutu antara lain: konsisten, konsekuen, efektif, inovatif, efisien, kreatif, tanggung jawab, professional, komunikatif, kerja sama, integritas, cermat, disiplin, jujur dan beroreantasi mutu.




5.      Anti korupsi
Anti korupsi menurut UU No. 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dalam UU No. 20 Tahun 2001 diartikan sebagai setiap tindakan melawan hukum dengan tujuan memperkaya diri sendiri atau orang lain atau suatu korporasi yang dapat merugikan keuangan negara atau perekonomian negara. Penjabaran lebih lanjut tentang perilaku korupsi dalam UU tersebut menyebutkan bahwa terdapat 7 tipe tindak pidana korupsi yaitu :
1. Kerugian keuangan negara
2. Suap
3. Pemerasan
4. Perbuatan curang
5. Penggelapan dalam jabatan
6. Benturan kepentingan dalam pengadaan
7. Gratifikasi
Perilaku anti korupsi diwujudkan melalui nilai dasar sikap jujur, peduli, mandiri, disiplin, tanggung jawab, kerja keras, sederhana, berani, dan adil


Berdasarkan kelima nilai dasar di atas maka peserta diklat prajabatan Golongan III Tahun 2016  Kabupaten Aceh Selatan membuat rancangan aktualisasi ANEKA dalam pelaksanaan kegiatan di lingkungan kerja. Adapun rancangan kerja yang akan dilaksanakan adalah seperti berikut :
1.Merancang media pembelajaran dengan power point.
2. Melaksanakan proses KBM
3. Kegiatan sabtu bersih
4. Melaksanakan tugas wali kelas
5. Menjadi guru piket harian
6. Membuat soal ujian semester
7. Melakukan kegiatan home visit
8. Merawat dan mengecek printer dan computer sekolah

BAB IV

PENUTUP


Rancangan aktualisasi nilai-nilai dasar ASN ini merupakan langkah awal yang harus ditempuh sebelum melakukan aktualisasi di unit kerja masing-masing. Dalam rancangan ini diterapkan nilai dasar bagi ASN dalam melakukan tugasnya sebagai pelayan publik yang profesional. Untuk membentuk guru yang profesional yang mampu melaksanakan tugas dan perannya sebagai pelayan masyarakat diperlukan pembentukan karakter yang didasarkan pada nilai-nilai dasar ASN, yaitu akuntabilitas, nasionalisme, etika publik, komitmen mutu, dan anti korupsi
Kegiatan aktualisai tersebut direncanakan akan dilaksanakan pada tanggal 18 November 2016 hingga 30 November 2016 dengan bimbingan dan arahan dari coach serta mentor. Laporan hasil pelaksanaan kegiatan akan dipresentasikan pada tanggal 1 Desember 2016.












DAFTAR PUSTAKA


Repulik Indonesia. 2014. Undang-Undang No. 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara
Peraturan Pemerintah.2008. Peraturan Pemerintah No.74 Tahun 2008 Pasal 52 tentang Guru
Peraturan Pemerintah.2008. Peraturan Pemerintah No.74 Tahun 2008 Pasal 24 ayat 7 tentang Guru
Peraturan Kepala Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia.2014. Peraturan Kepala LAN-RI Nomor 38 tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Diklat Prajabatan Pola Baru.
Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia. 2015. Aktualisasi: Modul Pendidikan dan Pelatihan Prajabatan Golongan III. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia.
Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia. 2015. Akuntabilitas: Modul Pendidikan dan Pelatihan Prajabatan Golongan III. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia.
Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia. 2015. Anti Korupsi: Modul Pendidikan dan Pelatihan Prajabatan Golongan III. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia.
Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia. 2015. Etika Publik: Modul Pendidikan dan Pelatihan Prajabatan Golongan III. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia.
Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia. 2015. Komitmen Mutu: Modul Pendidikan dan Pelatihan Prajabatan Golongan III. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia.
Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia. 2015. Nasionalisme: Modul Pendidikan dan Pelatihan Prajabatan Golongan III. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia

 Formulir 1
ALAT BANTU RANCANGAN AKTUALISASI NILAI-NILAI DASAR
No
Kegiatan
Tahapan Kegiatan
Output/ Hasil Kegiatan
Nilai-nilai Dasar
Kontribusi Terhadap Visi Misi Organisasi
Penguatan Nilai-nilai Organisasi

1
2
3
4
5
6
7
1.
Merancang media pembelajaran dengan power point.
1.      Menentukan materi pelajaran sesuai silabus dan RPP
2.      Menyiapkan sumber referensi
3.      Melaksanakan pembelajaran melalui power point.
Dalam merancang media pembelajaran dengan power point saya lakukan berdasarkan materi  dan silabus yang didalamnya terdapat, SK, KD, Indikator dalam pemebelajaran.

Untuk menjaga kualitas pembelajaran saya akan mencari sumber referensi lain, misalnya internet, media cetak dan lain-lain.




Untuk menjalankan peraturan pemerintah tentang kurikulum KTSP saya melaksanakan pembelajaran menggunakan media power point.

Dalam melaksanakan pembelajaran melalui power point saya aka menggunkan bahasa yang jelas,sopan dan mudah dipahami

Dalam pembuatan media pemebelajaran  ini, saya tidak akan memungut biaya dan jika ada siswa yang meminta soft copynya tidak akan saya kenakan biaya.

Manfaat:
meningkatkan efektivitas pembelajaran dan memudahkan proses penerimaan pembelajaran bagi siswa.

Dampak:
Tidak adanya media pembelajaran membuat pelajaran di dalam kelas jadi monoton karena kurangnya inovasi yang berdampak juga pada ketuntasan belajar yang rendah.
·    Akuntabilitas






·    Komitmen mutu







·      Nasionalisme





·         Etika Publik




·    Anti korupsi




Dengan rencana pelaksanaan pembeljaran dapat mempermudah kegiatan belajar-mengajar di kelas hal ini sesuai dengan misi sekolah poin (c)  yaitu mewujudkan budaya kreatif, inovatif, dan bertangggung jawab  dan poin (d) yaitu mewujudkan KTSP disekolah.
Kegiatan ini sesuaidengan penguatan nilai organisasi poin ketiga yaitu  pelaksanaan pembelajaran yang efektif dan efisien.
2
Melaksanakan proses PBM
1.  Menyapa siswa dan memberikan apersepsi
2. Melakukan kegiatan inti pembelajaran
3.  Melakukan evaluasi















Saya  menyapa siswa dengan ramah dan memberi salam sebagai cara menumbuhkan rasa motivasi dalam proses pemebelajaran.

Saya melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan media, model, atau metode pembelajaran.

Didalam PBM berlangsung setiap siswa diberikan kesempatan yang sama untuk menanyakan bagian yang kurang dipahami tanpa membeda-bedakan siswa berdasarkan latar belakangnya.

Setiap akhir pembelajaran saya bertanggung jawab dan konsisten melaksanakan evaluasi untuk  upaya perbaikan.

Manfaat:
Peningkatan mutu pengajaran. Proses pembelajaran jadi efektif dan efisien sehingga memberikan hasil belajar yang baik.
Dampak:
Kurangnya mutu pengajaran. Proses pembelajaran menjadi tidak efektif dan efisien sehingga memberikan hasil belajarr yang buruk.
·  Etika publik




·  Komitmen mutu



·      Nasionalisme






·      Akuntabilitas
Dalam kegiatan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan teknik dan media yang telah di rancang sebelumnya akan memudahkan proses pembelajaran sesuai dengan misi sekolah poin (b) yaitu mewujudkan pembelajaran dan bimbingan secara efektif sehingga setiap siswa dapat berkembang secara optimal sesuai dengan prestasi yang dimiliki.
Kegiatan ini sesuai dengan penguatan nilai organisasi poin ketujuh yaitu disiplin dan keteraturan kerja di dalam melaksanakan tugas.
3
Kegiatan sabtu bersih.
1. Datang lebih cepat
2.Mengontrol siswa dalam melaksanakan kebersihan lingkungan sekolah






Sebagai coordinator program 7K saya bertanggung jawab terhadap kegiatan ini sehingga saya datang lebih awal.

Dalam  pengontrolan siswa melaksanakan kegiatan sabtu bersih, saya akan ikut bekerja bersama-sama.

Dalam kegiatan ini saya tidak akan meminta imbalan/biaya baik untuk konsumsi maupun upah kerja ke sekolah ataupun dana BOS

Manfaat:
Dengan adanya kegiatan sabtu bersih lingkungan sekolah lebih terawat dan terjaga. Sehingga pembelajaran lebih kondusif.
Dampak:
Lingkungan sekolah kurang terjaga sehingga kegiatan pembelajaran tidak efektif
·   Akuntabilitas




·   Nasionalisme




·   Anti korupsi












Dalam kegiatan sabtu bersih berarti telah mewujudkan misi sekolah point (o) yaitu Mewujudkan pola hidup bersih, indah, sehat dengan penjabaran pola 7 K

Kegiatan ini sesuai dengan penguatan nilai organisasi pada poin ke tujuh disiplin dan keteraturan kerja di dalam melaksanakan tugas.

4
Melaksanakan tugas wali kelas
1. Mencatat inventaris kelas
2. Buku absensi kelas
3. Daftar piket kelas
4. Pembuatan catatan khusus tentang siswa

















Dalam memastikan keadaan dan jumlah inventaris yang ada dikelas saya bertanggung jawab dalam dalam mencatatnya.

Melalui daftar absensi saya dapat mengenali dan mengetahui tingkat kehadiran siswa dan menjalin komunikasi yang ada antara guru dan murid.

Penyusunan daftar piket kelas  saya lakukan tanpa membeda-bedakan status sosialnya.
Dengan adanya catatan khusus tiap siswa saya mengenali tiap  siswa dan mengetahui kelebihan dan kekurangannya sehingga dapat mengatur tindakan untuk keberhasilan pembelajaran

Manfaat:
Pengelolaan kelas serta pengawasan kelas lebih terarah dan mudah dilakukan
Dampak:
Kurangnya/tidak adanya kontrol yang memadai terhadap kelas.
·   Akuntabilitas




·   Etika Publik





·   Nasionalisme


·   Komitmen mutu



















Dengan melaksanakan tupoksi wali kelas dapat mempermudah pengelolaan kelas dan monitoring/ pengawasan siswa sesuai misi sekolah poin (b) yaitu melaksanakan proses pembelajaran dan bimbingan secara efektifsehingga setiap siswa dapat berkembang secara optimal sesuai dengan prestasi yang dimilki.
Kegiatan ini sesuai dengan penguatan nilai organisasi pada poin ke dua yaitu wewenang dan tanggung jawab yang jelas, tegas, dan seimbang.


5
Menjadi guru piket harian
1.  Mendapatkan surat keputusan dari kepala sekolah.
2. Mengkoordinir siswa untuk piket umum dan piket kelas
3.    Mengawasi Proses KBM
Dengan adanya SK yang diberikan  oleh kepala sekolah sebagai guru piket saya akan lebih cepat 10 menit hadir untuk sebagai bentuk kemampuan dalam melaksanakan kebijakan dan program

Dalam memenuhi tugas saya sebagai guru piket saya bertanggung jawab dalam menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif, bersih, dan melatih serta membudayakan sikap disiplin bagi diri sendiri dan siswa

Pada saat melakukan tugas sebagai guru piket harian, saya bertanggung jawab mengecek setiap keadaan kelas, dan mengontrol jam pergantian pelajaran.

Manfaat:
Pelaksanaan guru piket harian dapat memudahkan koordinasi dan pelaksanaan kegiatan di sekolah setiap harinya
Dampak:
Apabila tugas sebagai guru piket harian tidak dilaksanakan dengan tanggung jawab dan penuh kepedulian maka akan terjadi hambatan dalam proses pembelajaran di sekolah. Pembelajaran akan terganggu, dan tidak terib.





·    Etika publik






·   Komitmen mutu







·   Akuntabilitas








Dengan melakukan tugas Guru Piket Harian maka saya dapat berkotribusi terhadap kebersihan lingkungan dan kelancaran KBM yang sesuai dengan misi sekolah poin (i) yaitu mewujudkan standar pengelolaan pendidikan yang berkualitas dan bermutu dan poin (o) yaitu mewujudkan pola hidup bersih, indah, sehat dengan penjabaran pola 7 K.


 Kegiatan ini sesuai dengan penguatan nilai organisasi pada poin ke dua yaitu wewenang dan tanggung jawab yang jelas, tegas, dan seimbang.



6
Membuat soal ujian semester.
1.  Mengikuti rapat pembuatan soal ujian semester
2. Memilih materi yang cocok dan tepat.
3. Menyusun soal


















Dalam mengikuti rapat yang telah diberitahukan oleh kepala sekolah, disini saya akan menyampaikan pendapat dengan sopan dan santun serta menandatangani daftar hadir yang disediakan.

Dalam memilih materi yang cocok dan tepat saya akan mengacu kepada materi ajar yang telah diajarkan, ini merupakan bentuk sikap konsisten saya

Dalam membuat soal ujian semester saya tidk akan memungut biaya dari siswa sekolah.

Soal ujian disusun dengan cermat dan teliti berdasarkan materi yang sudah diajarkan

Manfaat:
Dapat mengetahui jumlah dan bentuk soal yang akan dibuat serta mengevaluasi kemapuan siswa dalam pemahaman siswa dalam satu semester.
Dampak:
Tidak mengetahui jumlah dan jenis soal yang akan dibuat serta tidak dapat mengevaluasi kemampuan siswa dalam pemahaman siswa dalam satu semester.

·   Etika Publik






·  Akuntabilitas





·   Anti Korupsi



·   Komitmen mutu

Dalam kegiatan pembuatan ujian semester disini saya mewujudkan misi sekolah pada poin (a) yaitu Mewujudkan lulusan yang cerdas kompetetif cinta tanah air, beriman dan bertaqwa dan poin (f) yaitu Mewujudkan kualifikasi akademik, kinerja dan profesionalisme guru berserta karyawan.


Kegiatan ini sesuai dengan penguatan nilai organisasi pada poin ke dua yaitu wewenang dan tanggung jawab yang jelas, tegas, dan seimbang
7
Melakukan kegiatan Home visit
1.    Merekap daftar kehadiran siswa.
2.   Membuat jadwal kunjungan.
3. Melakukan Kunjungan
4. Membuat catatan kunjungan.




Dalam merekap daftar hadir siswa saya melakukannya dengan cermat dan teliti sehingga mengetahui jumlah kehadiran siswa dengan tepat.

Dalam membuat jadwal kunjungan ini tidak boleh salah sasaran. Tidak boleh membeda-bedakan.satatus social, agama, dan ras.

Ketika melakukan melakukan kunjungan saya akan bersikap ramah dan sopan terhadap orang tua siswa

Dan saya tidak akan meminta biaya transportasi kepada orang tua siswa

Catatan yang akan saya buat harus sesuai dengan hasil dari kunjungan yang telah saya lakukan.

Manfaat:
Dapat mempererat hubungan antara sekolah dengan orang tua/wali siswa.
Dampak:
Kurangnya jalinan komunikasi anatara sekolah dan orang tua/wali siswa.
·    Komitmen Mutu





·    Nasionalisme




·    Etika publik



·    Anti Korupsi


·    Akuntabilitas
Dalam melakukan kegiatan home visit disini mewujudkan misi sekolah pada poin (m) yaitu mewujudkan/menciptaka komunikasi dan kerjasama orang tua, masyarakat sekitar, komite dengan sekolah





Kegiatan ini sesuai dengan penguatan nilai organisasi pada poin ke lima yaitu transparan terhadap seluruh lapisan masyarakat.
8
Merawat dan mengecek printer dan computer sekolah.
1.  Adanya surat tugas atau SK dari kepala sekolah
2.      Memeriksa dan mengecek keadan computer dan printer sekolah






Dengan adanya surat tugas atau SK dari kepala sekolah saya akan lebih harus bertanggung jawab terhadap tugas saya, dan mejaga kepercayaan yang diberikan kepada saya.

Dalam pemeriksaan dan pengecekan printer dan computer sekolah saya akan berlaku jujur dengan tidak mengambil untung atau biaya untuk pribadi.

Pemeriksaan dan pengecekan saya lakukan dengan cermat dan teliti.


Saat saya temukan printer atau computer yang rusak saya akan segera memperbaiki sebagai bentuk kepedulian dalam menjaga aset sekolah.

Manfaat :
Dengan adanya kegiatan ini perawatan atau pemeliharan peralatan sekolah menjadi lebih baik.
Dampak :
Printer dan computer sekolah menjadi tidak terurus.


·      Akuntabilitas






·      Anti korupsi





·      Komitmen mutu

·      Nasionalisme
Dalam melakukan kegiatan ini berarti telah mewujudkan misi sekolah pada poin (g) yaitu Mewujudkan standar sarana dan prasarana pendidikan yang relevan

Kegiatan ini sesuai dengan penguatan nilai organisasi pada poin ke empat yaitu bertanggung jawab terhadap sarana dan prasarana sekolah.


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini